Tata Cara Melaksanakan Sholat Sunat Dhuha Yang Benar

Advertisement
Advertisement
Tata Cara Melaksanakan Sholat Sunat Dhuha Yang Benar - shalat dhuha adalah solat yang selalu di kerjakan karena banyak hadis hadis rosul yang menerangkan paidah sholat duha diantra nyah yang paling populer yaitu jalbu rijki yaitu menarik narik rijki dan banyak paidah nyah di antra nyah aloh kan menjadikan babu duha . duha dilaksanakan pada pagi pagi kira kira pukul 6 30 sampai jam 11 00 . adapun doa doa berduha yaitu diantara ya alah kalow ada rijki dari bumi maka keluarka kalow yang sulit mugia di gampangkan kalow yang jauuh di dekatkan kalawan demi hak nya watu duha.

sholat duha sama dengan shalat lain nyag ngan dala sholat dua hanya paling sedikit dua roakaat paling banyak 12 rokaat . krena di dalam shalat duha tiap melakuan satu rokaaat maka berlipat paidah nya. adapun doa nyah di antra yang mashur di bacakan setelah sholat duha yaitu.

اَللّهُمَّ اِنَّ الضُّحَاءَ ضُحَاءُكَ وَالْبَهَاءَ بَهَائُكَ وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ اَللّهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَاءِ فَاَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَاَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسِّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَائِكَ وَبَهَائِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ اَتِنِى مَااَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

ALLAAHUMMA INNADH DHUHAA-A DHUHAA-UKA, WAL BAHAA-A BAHAA-UKA, WAL JAMAALA JAMAALUKA, WAL QUWWATA QUWWATUKA, WAL QUDRATA QUDRATUKA, WAL 'ISHMATA 'ISHMATUKA. ALLAAHUMA INKAANA RIZQII FIS SAMMA-I FA ANZILHU, WA INKAANA FIL ARDHI FA-AKHRIJHU, WA INKAANA MU’ASSARAN FAYASSIRHU, WAINKAANA HARAAMAN FATHAHHIRHU, WA INKAANA BA’IIDAN FA QARRIBHU, BIHAQQI DUHAA-IKA WA BAHAA-IKA, WA JAMAALIKA WA QUWWATIKA WA QUDRATIKA, AATINII MAA ATAITA ‘IBAADAKASH SHAALIHIIN. “Wahai Tuhanku, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu, Wahai Tuhanku, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi, maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, kekuasaan-Mu (Wahai Tuhanku), datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hambaMu yang soleh.”


Kita udah jelas keutamaan dan paidah solat dhuha karena melihat dalam arti doa di atas di bahasakan [ ya alloh kalow rijki saya ada di langit maka alloh menurunkan] berati kita tahu paidah solat duha tersebut untuk supaya rijki kita pada pada pagi hari sampai ketemu besok lagi mugia alloh menurunkan nya,dan dalam doa di atas apabila rijki saya ada di dalam bumi mugia aloh cepet mengeluarkannya,ingsaaloh kita kalow bisa dawam atow istikomah rijki kita akan barokah walowpun kata manusia sedikit tapi hati orang yang suka duha akan merasakan tenang dan tentram walowpun kata orang bilang banyak utang dan banyak masalah .

Tetapi lebih bagus juga orang kaya dan sugih yang selalu mendawamkan sholat duha mereka akan tambah hartanya dan senang pikirannya karena di dalam pikiran nya bberpangkat ukan harta tapi bersukur hati kepada yang menjadikan dan memberi harta tersebut , orang seperti ini langka karena kalow orang udah di kasih harta baanyak dan di titipi harta mereka akan lupa misal seperti korun , banyak yang di contokan dalam hadis dan alqur'an .

Adapun tatacara sholat sunat dhuha sama dengan sholat sunat lain nyah namun dhuha di kerjakan waktu nya dari pagi sampai sebulum papak atow istiwa nya matahari . sholat dhuha ini salah satu sholat yang di senangi rosululloh solalohu alaihi wasalam dan barang siapa yang mendawamkan sholat dhuha niscya bakal di buatkan gedong yang namaanya dhuha . taajubnyah kita aloh maha pemurah dan maha pengasih kita di dunia di kasih harta yang barokah di aherat di kasih surga .

Alhamdulilah maslah tentang sholat dhuha dan tatacaranya dah selesai walaupun cuma sedikit dan ringkas semoga ada manpaatnyah baik bagi yang nenulisnya atau bagi yang membacanya , karena saya juga belum bisa mendawamkannya semoga dengan munulis artikel ini saya juga bisa mendawamkannya amin .

Advertisement